Kosmetik yang Menggelitik

photo of assorted makeup products on gray surface

Sebenernya udah lama banget pengen nulis tentang kosmetik, tapi maju mundur, karena emang bukan kosmetik lovers dan rasanya belum mumpuni membahas ini. Tetapi ada beberapa hal tentang kosmetik yang rasanya penuh sesak ingin segera dituliskan (haha apasih)

Paraben Free

Aku “ngeh” mengenai bahan paraben, setelah modul Karsinogen, Mutagen dan Teratogen. Pada saat itu lagi ‘seleksi’ bahan apa yang pantes buat dikupas habis di skripsi, sempet ngelirik paraben, namun karena evidence nya belum sebanyak merkuri, timbal dan VOC (volatile organic compund), jadi menepi dulu yah ben.

Tetapi, saat itu dari beberapa artikel yang menjelaskan paraben, belum bisa dihubungkan secara langsung bahwa paraben menimbulkan gangguan kesehatan tertentu (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18484575), masih tahap dicurigai penyebab kanker (https://www.alodokter.com/paraben-dalam-kosmetik-yang-dianggap-berbahaya-ini-faktanya). Jadi, paraben ini dicurigai bisa menyebabkan kanker, karena struktur kimianya mirip estrogen.

Blusher, salah satu item kosmetik yang berfungsi membuat rona pada pipi

Denger2 sudah ada beberapa negara yang melarang penggunaan paraben (https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/12/2015/9334/hati-hati-dengan-paraben), namun negara yang tidak melarang, tentu sudah memiliki peraturan mengenai batas aman paraben. Namun masalahnya paraben dan turunannya ini tersebar banyak ke produk harian seperti sabun mandi, shampo, kosmetik, dll. Kalian bisa loh, baca ingredient pada produk yang ada dirumah, biasanya yang sering dijumpai itu adanya methylparaben, ethylparaben, propylparaben.

Sebagai anak KL (ihihi), batas aman bukan jaminan bagi konsumen untuk merasa aman. Kita mesti tahu sifat bahan, apakah akumulasi, apakah bisa dibuang oleh tubuh, berapa banyak sumber asupan dan sebagainya. Untuk cari aman, dulu sempet cari kosmetik yang paraben free tapi ga nemu (mungkin nyarinya kurang jauh ya). Belakangan ini, ketemu brand kosmetik lokal yang digadang paraben free, yeay (akhirnya bisa tidur nyenyak).

Cruelty Free

Setelah riang gembira udah punya make up daily yang paraben free, ada isu hangat selanjutnya yaitu cruelty free. Sempet mikir, brand ini cruelty free ga ya? Alhamdulillahnya ternyata iya, cruelty free. Kalau mau yaqueen produk kalian cruelty free juga atau tidak, bisa tanyakan langsung aja melalui website resmi/ akun sosmed official/layanan konsumen yang biasanya tertera di kemasan produk.

Soal cruelty free ini abu-abu buatku pribadi. Aku ga setuju memang, kalau kosmetik (yang fungsinya ‘hanya’ mempercantik/menutupi kekurangan, bukan untuk menyembuhkan/menyelamatkan nyawa) yang aku pake, mesti melewati rangkaian ujicoba kepada hewan. Tapi di bidang keilmuan yang pernah aku tekuni, tidak dipungkiri ya, memang beberapa eksperimen membutuhkan hewan uji untuk bisa menentukan kadar LD50 (lethal dose 50). LD50 adalah dosis suatu zat yang dapat mengakibatkan 50% kematian bagi organisme target. Fungsinya untuk mengetahui derajat toksisitas suatu zat.

Makanya, meski keilmuan yang kupahami memang ada penelitian yang membutuhkan hewan percobaan. Menurutku, kosmetik itu ya ga perlu sampai membutuhkan hewan uji, karena fungsinya sekedar menutupi kekurangan/memperindah/mempercantik, jadi ya pilih yang ‘terbaik’ aja menurutku, karena kosmetik ini kan dipakenya daily ya.

Aku punya link blog yang nyebutin list brand lokal mana aja yang cruelty free, kalian bisa cek link berikut ya https://zitamazing.blogspot.com/2017/11/cruelty-free-makeup-skin-care.html. Karena agak susah ya, info list produk yang cruelty free, kebanyakan infonya menyediakan list brand internasional. Padahal kan, kita mau tau produk lokal yang kita pake cruelty free juga ga sih, ya kan? (oia aku tuh lagi berusaha untuk membeli barang-barang dari lokal, bangga aja gitu kalo pake brand lokal. pengen kaya org korea, yang bangga banget sama produk lokal mereka bahkan ga jarang sikap ini ditonjolkan pada beberapa drama yang aku lihat)

Kalau kalian juga pakai produk yang paraben free/cruelty free/vegan bisa loh sharing di kolom komentar. Oia, info yang kita tulis dimanapun, bisa jadi info berharga buat orang yang sedang mencarinya loh. (pengalaman nyari all about mica cosmetic, dan nemu beberapa yang bahas dari mulai halal mui jabar, paraben free, cruelty free dll. thankies semua penulis yang udah aku baca tulisannya <3, semoga jadi amal jariyah buat kalian aamiin)

Artikel ini sebelumnya tayang di wattanabe.wordpress.com, dengan judul ” Kosmetik yang menggelitik” 08.01.20

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.