Sakit Kaki, Postur dan Sakit Punggung

Bila punggung sakit, namun kita tidak ingat pernah melakukan hal yang membuatny sakit, kemungkinan sumber rasa sakitnya berada di kaki. Sakit pada kaki adalah sesuatu yang mudah diabaikan oleh sebagian besar orang. Kita pasti pernah merasakan sakit pada kaki sesekali. Saat kaki yang sakit dibiarkan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan masalah pada pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan bahkan punggung.

Sakit Kaki bisa jadi Sumber Masalah

Tubuh manusia layaknya rantai, yang terhubung antara satu dan lainnya. Bila salah satu mata rantai tidak sesuai dengan posisinya, makai a akan membawa perubahan pada mata rantai berikutnya hingga mempengaruhi keseluruhan rantai.

Hal ini pula yang terjadi, saat kita merasakan sakit kaki. Bila berjalan secara normal membuat kita sakit, secara naluri kita akan mencari cara berjalan yang lebih nyaman. Bila seseorang mengalami radang sendi dan sendi jempol kaki yang sakit, gaya berjalannya akan berubah untuk menghindari sendi yang sakit saat berjalan.

Mengubah gaya berjalan akan mengubah pula mekanisme sendi pergelangan kaki, yang akhirnya menyebabkan sakit pada pergelangan kaki. Perubahan pola berjalan ini, juga bisa mempengaruhi tubuh bagian bawah dari mulai pergelangan kaki, lutut, pinggul hingga punggung bawah.
Saat nyeri kaki atau bentuk kaki yang tidak normal menyebabkan berubahnya pola berjalan, maka itu juga akan mengubah cara tulang dari sendi lain bergerak. Tulang rawan di persendian bisa saja rusak, ligament dan tendon bisa tertekan di luar batas normal dan artritis bisa saja terjadi.

Menjaga Postur Tubuh

Agar terhindar dari sakit kaki dan sakit lain yang menyertainya, kita perlu menjaga agar postur tubuh selalu baik. Masalahnya, pemahaman menjaga postur masih minim, sehingga banyak ditemukan kebiasaan buruk orang-orang yang membuat postur tubuh juga buruk.

Postur adalah posisi saat kita menahan tubuh ketika berdiri, duduk, ataupun berbaring. Dikatakan postur yang baik, bila kesejajaran bagian tubuh benar dan didukung oleh ketegangan otot yang melawan gravitasi. Hal ini karena, tanpa postur dan otot yang mengontrol, tubuh akan jatuh ke tanah.

Umumnya, secara tak sadar, kita akan mempertahankan postur tubuh normal. Padahal di sisi lain, ada sekelompok otot yang melakukannya, salah satunya yaitu otot paha dan punggung. Selain otot, ada ligament yang menyatukan kerangka, fungsinya mencegah gravitasi mendorong tubuh kita ke depan, menjaga postur dan keseimbangan selama bergerak.

Memperbaiki Postur Tubuh

Secara singkat, seseorang bisa saja memperbaiki postur tubuhnya. Tetapi, yang perlu diingat, masalah postur yang buruk akibat kebiasaan yang berlangsung lama, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diatasi. Hal ini karena sendi sudah telah beradaptasi dengan postur buruk dalam jangka waktu lama.

Kesadaran akan postur tubuh sendiri, akan membantu seseorang mengetahui postur yang benar dan membantu dalam memperbaiki diri secara sadar. Dengan banyak latihan, postur yang benar untuk berdiri, duduk dan berbaring secara bertahap, akan membantu tubuh kita menuju posisi tubuh yang lebih baik dan sehat.

Postur Duduk yang Baik

• Jaga kaki agar menapak di lantai, atau di pijakan kaki (jika tidak mencapai lantai).
• Jangan menyilang kaki, pergelangan kaki harus berada di depan lutut.
• Jaga jarak kecil antara bagian belakang lutut dan bagian depan tempat duduk kita.
• Lutut harus setinggi pinggul atau dibawah pinggul.
• Sesuaikan sandaran kursi untuk menopang punggung bawah dan tengah, atau gunakan penyangga punggung.
• Rilekskan bahu, jaga agar lengan bawah sejajar dengan lantai.
• Hindari duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama.

Postur Berdiri yang Baik

• Berat badan utamakan bertumpu pada bagian depan telapak kaki.
• Jaga agar lutut sedikit menekuk.
• Rentangkan kaki selebar bahu.
• Biarkan lengan menggantung secara alami di sisi tubuh.
• Berdiri tegak dan tarik bahu ke belakang.
• Ratakan/kencangkan perut.
• Jaga kepala tetap tegak, daun telinga sejajar bahu.
• Geser berat badan dari jari kaki ke tumit, atau dari satu kaki ke kaki lainnya, saat harus berdiri lama.

Postur Berbaring yang Baik

• Gunakan kasur yang nyaman. Meski kasur yang keras sering direkomandasikan, tapi beberapa orang menggunakan kasur lembut untuk mengurangi sakit punggung mereka. Utamakan kenyamanan kita.
• Gunakan bantal saat tidur.
• Hindari tidur tengkurap.
• Tidur miring atau terlentang lebih sering mengatasi sakit punggung. Jika tidur miring, letakkan bantal diantara kedua kaki. Jika tidur terlentang, letakkan bantal dibawah lutut.

Referensi :
1. American College of Foot and Ankle Surgeons. That Pain in Your Back Coulde Linked to Your Feet.
2. American Chiropractic Association. Maintaining Good Posture.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.